Jika bandara internasional mati lampu….

Melanjutkan cerita Ktp ketelingsut..akhirnya tiba saat nya saya pulang ke Bandung

Kereta api Medan Kualanamu yg keren abis. Mengingatkan saya akan kereta api Wollongong Sidney
Kereta api Medan Kualanamu yg keren abis. Mengingatkan saya akan kereta api Wollongong Sidney

Saya memilih untuk mencoba naik kereta api ke Bandara Kualanamu. Dan ternyata oh ternyata. Kereta apinya keren banget. Bersih. Baru dan tepat waktu. Mengingatkan saya kereta  api yg bbrp kali saya naiki dari Wollongong-Sidney. Stasion kereta nya juga nyaman

Dan tiket dalam bentuk card seperti naik kereta api diluar negri. Waktu tempuh medan – bandara 30 menit. Over all. Didalam kereta disediakan tempat khusus menyimpan koper. Saya bangga dengan kereta ini.

Tiba di bandara Kualanamu dengan akses yg mudah menuju kounter cek in Disediakan troli untuk yg bawaan nya banyak.

Bandara Kualanamu atau saya sikngkat KLNM. Bandara baru. Besar banget. Dan waktu saya eprtama tiba . Bandara ini mengingatkan akan bandara Qatar. Kenapa? Krn saya melihat pohon pohon kelapa. Udara yg panas dan keringi. Mirip banget dengan Qatar. Bedanya di Qatar bukan pohon kelapa. Tapi pohon kurma.

Sampai sini.  saya bangga banget dengan bandara KLNM dengan kereta apinya yg bersih. Dan sangat setuju kalo ini merupakan contoh untuk bandara di daerah lain. Membayangkan bandara Bandung yg imut. yg terletak nyempil ditengah kota. Tp merupakan bandara Internasional.

Beres cek in. Saya berencana ke starbuck. Sambil menunggu boarding. Ternyata starbuck tidak ada didalam. Adanya exelso. Jd dompet saya aman dari tumbler.

Disaat asyik menikmati caramel coffee. Tiba tiba..makjeglek…mati lampu

Saya langsung ingat postingan teman2 yg lost in bandara ini akibat mati lampu.

Yg pertama saya lakukan segera ke kamar mandi. Semoga air masih ngucur dan masih bersih. Ternyata air sudah tidak ngucur. Yo wes. Saya tetap duduk manis menunggu jam boarding. Mnedekati jam boarding saya mulai masuk ke gate nya

Dan saya terkesima…krn x ray ikutan mati..sehingga tas di periksa secara manual. Ya ampuuuun.  Mulailah antrean panjang dan srobot menyerobot. Dan saya sempat kasian dengan petugas bandara yg melakukan pembongkaran tas. Krn tanpa perlindungan kaos tangan dan masker. Kebayang kalo tas tas itu isinya baju kotor.

Untung tidak brp lama x ray bisa jalan lagi.

Dan ternyata pengumuman juga dilakukan manual . Petugas teriak teriak mengumumkan keberangkatan pesawat. Saya sudah pasrah pasti delaye nih. Tp tidak berani menunggu duluar. Takut tidak terdengar pengumumannya. Jd diruang yg penuh penumpang dan tanpa ac.itu sakitnya disini..nunjuk kepala.

Hebatnya. Kali ini armada yg sering delayed. Justru tepat waktu mengumumkan untuk naik kepesawat. Dgn lega saya duduk dikursi. Ac dipesawat dingin. Boleh  pipis di kamar mandi. E tapi e tapi. …setelah duduk 30 menit..belon berangkat juga. Pramugari dan petugas darat bolak balik menghitung penumpang. saya iseng menghitung …8 x mereka menghitung penumpang. Ndak brp lama masuklah 6 penumpang bule dengan tampang kucel dan depresi. Rupanya mereka nyasar ke pesawat lion disebelah. Krn pengumuman make bhs ind dan  Krn mati lampu juga mematikan komputer sehingga proses cek in juga manual. Saya ngebayangin antrean cek in yg manual..hiiii. 45 menit berlalu. Masih ada penumpang yg tercecer. Saya sampai kasian dengan petugas yg bolak balik menghitung dan turun dr pesawat untuk mencari penumpang2 itu. Akhirnya beres semua penumpang sudah duduk di kursi. Lho masih belon berangkat. Iseng nanya lah saya ke pramugari. Nunggu apa mbak? Surat ijin terbang belum keluar bu?ooooo…mungkin krn komputer down..surat ijin jd nya ditulis tangan..jd lama..hihihi..

Akhirnya tepat 1 jam kita duduk manis dipesawat. Diijinkan terbang juga. Dan saya menjadi tau. Bahwa menunggu penumpang adalah salah satu penyebab pesawat delayed.

Ini tips dari saya. Jika berada di bandara yg mati lampu

1. Usahakan cek in sebelum ke bandara. Sehingga bila mati lampu. Boarding pass sudah ada. Dan bawa koper atau tas yg bisa masuk bagasi. Jd tidak perlu saling serobot di kounter cek in. Bisa di cari di googke ttg penumpang yg cek inn manual…heboh …

Aslinya lebih keren dari foto ini
Bandara Kualanamu Medan aslinya lebih keren dari foto ini

2. Jangan minum terlalu banyak. Krn kalo kebelet pipis susah..ndak ada air

3. Bawa minuman. Kue atau coklat u mengatasi kelaparan akibat pesawat belon berangkat

4. Jangan marah2 atau menyalahkan petugas krn tidak akan menyelesaikan masalah. Secara logika, khan bukan petugas yg membuat mati lampu. Dan marah marah, menyerobot antrean. Malah membuat antrean makin panjang. Ruangan yg sdh panas makin panas.

Jd marahnya ditahan. Nanti kalo ketemu para pemimpin negara ini. Baru deh marah dengan mereka. Dan protes mengapa bandara yg demikian keren, gede, baru,menampung ribuan penumpang, bakalan jadi contoh bandara didaerah lain ,bisa mengalami mati lampu yg lama..

Yuuuk ah..

3 thoughts on “Jika bandara internasional mati lampu….

Leave a Reply

