After 10 years….Alhamdullilah

10 thn yg lalu dan sekarang
10 thn yg lalu dan sekarang

Setelah 10 thn Alhamdullilah. Bisa kembali menengok jepang lagi 10 tahun yg lalu Disaat belon ada sosial media. Facebook instagram Belon ada gadget untuk internet. BelonAdanya telkom net instan yg connect dengan PC. Sehingga kalo lagi internet tlp ndak bisa dipakai Belon ada sushi groovi dan warung2 sushi. Belon ada tipu menipu lewat internet. Belon ada mam minta pulsa Saya nekat memenuhi undangan collaboration research dari jepang Nemu collaboration research juga lewat internet Belon pernah ketemu dan rekomendasi ttg research collaboration Tapi saya nekat pergi ke yokohama. Sendirian pula Saya berangkat dengan Cathay Pacific transit Hongkong. Ini juga kali pertama saya keluar negri sendirian. Biasanya ikut group tour. Setelah sampai di Narita. Ternyata beneran.. sensei atau profesor pembimbing saya menjemput di narita. Dan dari Narita kita ke Yokohama.Naik mobil yg disupiri sendiri oleh profesor. Lengkap dengan mengangkatkan koper saya yg segede gaban menuju dormitory saya. Arigato sensei Selanjutnya untuk menyelesaikan research itu saya bolak balik bandung yokohama 4 kali Dan saking stress krn mengejar dead line reasearch. Saya sampai mengabaikan acara jalan jalan. Saya cuma sempat ke asakusa di tokyo dan tokyo tower. Alhamdullilah.. selama research saya 2 kali ke jepang pada saat spring dan sakura sedang lebat lebatnya. Hanya..krn mengejar dead line. Si sakura di cuek in.. Menyeseal bener. Dan setelah research selesai. Saya juga selesai menempuh perjalanan panjang yokohama bandung Selama bertahun tahun saya terobsesi ingin melihat jepang lagi Tapi rupanya kesempatan baru datang setelah 10 thn. Minggu lalu saya ikut tour ke kyoto osaka dan tokyo Aih..senang sekali.  Akhirnya impian menjadi kenyataan Dan saya ingin membandingkan jepang 10 thn yg lalu..eh cuman tokyo deng…dengan tokyo masa kini Yg paling beda adalah..sekarang buaaaanyaaak banget turis dari negara negara di Asia, dan yg terbanyak adalah turis dari China . Dampaknya adalah susah mencari spot foto foto krn di sruduk sama rombongan mereka. Toilet jepang yg terkenal wangi dan bersih..dibeberapa tempat wisata.. seperti di nara castle..menjadi sangat jorok..

Asakusa dulu dan sekarang
Asakusa dulu dan sekarang

Turis dari china sangat suka memborong obat dan kosmetik. Krnnya brp kali saya batal membeli lipstik krn antrean yg teramat sangat panjang di toko kosmetik. Rasanya heran juga. Krn sebagian produk yg di jual di jepang seperti di daiso uniqlo adalah made in vietnam dan china. Mengapa mereka memborong nya ya? Tapi kalo soal harga. Bbrp toko di jepang lebih murah dari di china. Tahun lalu saya baru saja dari Qing Dao. Dan sempat membeli legging heat wave di uniqlo. Di qing dao harganya 300 rb an. Sedang di jepang hanya 100 rb Jadi jangan ditanya lagi..betapa sangat bersyukurnya saya. Krn masih diberikesempatan untuk kembali ke Jepang

3 thoughts on “After 10 years….Alhamdullilah

  1. Heat-wave nya Uniqlo ini beken ya Bu. Klo aku dulu beli merk Kathmandu di Oz. Cukup hangat untuk winter di Sydney (tp klo di Canberra sih ga tau lg deh hehehe). Ah Jepang…. Sapa tau one day ada rejeki kesana 🙂 bkn termasuk negeri impian sih, tp kan klo rejeki nggak kmana 😉

    Like

Leave a Reply

