Mendengar suara Azan di Ho Chi Minh

Cerita ini dimulai, pd saat saya mengikuti international congress di Ho Chi Minh Vietnam. Kongres diadakan di hotel  Shangrilla dan saya menginap di hotel Saigon yg terletak tepat didepan hotel. Pada saat menjelang lunch, saya berencana kembali ke hotel tempat saya menginap. Untuk sholat duhur. Pada saat saya hendak menyebrang jalan, tetiba saya kaget..saya mendengar suara azan. Saya seperti De javu. Saya lagi dimana ini? Dan setelah saya menyadari bahwa saya sedang berada di Vietnam. Negara dengan paham komunis. Dan sejak jaman SD otak kita sudah di cuci. Setiap menjelang tgl 1 oktober, diputar film “pemberontakan G30S PKI”. Film nya udah burem saking lama dan setiap tahun diputar. Tapi semua anak seumuran saya, hanya tahu bahwa komunis adalah salah, bahaya laten, dan…TIDAK BERAGAMA..

image

Papan pengumuman tata cara masuk mesjid

Karenanya saya kaget, dinegara, yang menurut pemahaman saya adalah negara tidak beragama. Ada suara azan. Saya segera mencari sumber suara azan. Dan Alhamdullilah..saya menemukan mesjid. Yg ternyata hanya terpisah 3 gedung, dari hotel tempat kongres
image
Tampak depan bangunan mesjid

Dari google saya membaca bahwa, kaum Muslim di Vietnam jumlahnya sangat sedikit. Saudara muslim di Saigon sebagian besar tinggal di distrik VIII karena dahulu kala daerah tersebut tinggal tinggal generasi penerus Kerajaan Campa. Sampai saat ini sisa sisa Kerajaan Campa masih dapat ditemukan di Vietnam bagian tengah dan selatan

2 thoughts on “Mendengar suara Azan di Ho Chi Minh

Leave a Reply

