Filosofi bunga lotus,,,,,

Bunga lotus merupakan dikenal sebagai bunga yang indah, melambangkan kemurnian, ketenangan, komitmen dan optimisme masa depan dan merupakan bunga kenegaraan Vietnam
Kedekatan saya dengan lotus dimulai pada saat saya mengalami malapetaka. Ini ceritanya

Sakit pada saat di negri orang itu menderita banget. Ini gegara makan kerang. Seperti diketahui. Susah mencari makanan halal di Vietnam. Sementara saya mendapat tugas magang..disalah 1 children hospital Ho Chi Minh selama seminggu. Jelas ndak bisa masak. Breakfast cuman roti mentega dan telor.

Dan untuk lunch. Jatah di RS yg mudah2an halal. Krn kita request ayam dan sea food untuk asupan protein.
Nah…pada saat dinner yg godaan besar. Karena hanya bisa makan sea food. Teman teman dari Vietnam setiap malam mengajak hang out sambil makan sea food. Saya yg memang alergi sea food. Sudah berusaha mengelak.tapi keinginan untuk mencoba mengalahkan rasa takut. Dan sampai suatu dinner. Keluarlah menu kerang yg diatas nya ditabur keju mozarela. Yummy banget. Tapi berujung malapetaka.
image

Krn malamnya saya muntah dan diare. Esok paginya saya ijin tidak masuk. Sempat khawatir kalau harus di infus krn dehidrasi. Dan teman dari Vietnam malah ngakak ngakak sambil ngomong, saya akan membuat sejarah, sebagai pasien dewasa pertama , yg dirawat di RS tempat saya magang. Maklumim RS tempat saya magang adalah Children Hospital.
Karena takut di infus krn dehidrasi. Saya minum yang banyak. Walopun keluar lagi. Sediiih nya..krn terkapar sendirian di kamar hotel. Segala obat yg saya siapkan dari Indonesia. Sudah saya telan. Dan tidak respon. Sampai saya ingat kebiasaan kita di indonesia. Kalo diare, minum teh pekat. Segera membongkar koper yg sudah saya isi oleh oleh. Dan nemu lotus tea. Dan langsung saya seduh dan minum. Alhamdullilah..ndak lama..diare dan muntah berhenti. Esoknya saya bisa mulai magang lagi.
Buka google nemu bahwa lotus tea adalah green tea dgn aroma lotus merupakan salah satu teh khas vietnam
image
Bunga lotus yg masih kuncup, dijual didepan RS

image

Keesok harinya, sewaktu melewatinya, lotus nya sudah mekar…hore..

image

Vietnamese lotus tea (Vietnamese: trà sen,chè sen, or chè ướp sen) is a type of green tea produced in Vietnam that has been flavored with the scent of Nelumbo nucifera. It is a specialty product of the Vietnamese tea industry and is consumed as part of celebratory events or festivals. (Wikipedia)

image

Kue kering yg terbuat dari biji lotus. Cocok untuk oleh oleh

Kalo beras gosong mengingatkan saya dengan jepang, maka aroma lotus mengingatkan saya tentang Ho Chi Minh. Kota yg penuh dengan motor, mau nyebrang jalan, harus punya nyawa rangkap, tapi…semua anak berusia 5 tahun kebawah, apapun penyakitnya bebas biaya. Tidak perlu ribet mengurus BPJS. Tidak perlu bayar iuran BPJS.
Di RS saya magang, yang merupakan Child4en Hospital di Ho Chi Minh, ventilator atau alat bantu pernafasan di ICU nya ada 60, bandingkan di RS saya kerja di bandung, yg cuman punya 4 ventilator….yg kadang rusak pula.
Kembali ke lotus, di vietnam lotus diolah menjadi beraneka ragam cemilan, selain lotus tea. Ada kue kering berbahan dasar lotus, rasanya seperti peanut cookies, ada juga biji lotus, rasanya rada mirip macademia

3 thoughts on “Filosofi bunga lotus,,,,,

Leave a Reply

