Bahai Temple India

Selama ini, bila traveling ke beberapa negara, sering banget destinasinya, adalah tempat ber ibadah. Bisa berupa gereja, mesjid, atau kuil, dan sebagian besar yg dikunjungi sebagai destinasi turis, umurnya udah ratusan tahun. Seperti reruntuhan mesjid Quwwatulis Islam di India, Blue mosque di Istanbul, Kuil Budha Kyumizodera di Kyoto, Gereja Saigon Notre Dame Basilica di HoChiminh. Umur dari rumah ibadah itu rata rata sudah ratusan tahun. Berbeda dengan Bahai Temple yg akan dikunjungi hari ini. Krn ajaran Bahai, juga baru saja berkembang

Konon Bahai bukan merupakan Suatu agama. Tapi merupakan
Simbol sebuah ke percayaan. Yg menganut paham perdamaian. Yg konon di akui oleh UNESCO. Dan mempunyai rumah peribadatan, yg tersebar di beberapa negara

image

image

Templenya, berbentuk bunga lotus. Cantik deh..

Dan untuk menuju ke temple, kita melewati taman taman, yg tertata dengan rapi dan bersih. Sesuatu yg bikin saya kagum dengan India, negara yg mungkin tidak kaya, tapi tempat tempat heritage dan destinasi turis, ditata dengan baik, bersih, nyaman, termasuk kamar mandinya

Setelah berjalan dibawah terik matahari India, yg memang puaaanas..melewati taman bunga, sampai saya lupa motret, krn kepanasan.

Krn penduduk lokal banyak yg mengunjungi. Setelah melepas sepatu, dan dititip ke tour guide..soalnya kalo digeletakin dipintu masuk..takut nyeker pulang nya

Dan lumayan juga, menginjak tegel panas, tanpa alas kaki,untuk menuju temple

Ternyata didalam temple, kesannya modern, mirip gereja. Terdapat kursi kursi kayu yg ditata melingkar. Ditengah seperti podium. Tidak jelas apa yg dilakukan di dalam sini. Krn penduduk lokal, juga hanya duduk duduk di kursi. Tp emang suasanannya nyaman..adem..setelah kepanasan di luar..sepi..jd sebelum saya tertidur..segera beranjak untuk keluar. Oh..ya..didalam temple, Tidak boleh memotret, kalo ndak salah, jd saya tidak memotret..

Advertisements

7 thoughts on “Bahai Temple India

  1. Wah makasih Mbak untuk ilmunya. Saya baru tahu tentang kepercayaan Bahai ini. Cantik rumah ibadahnya. Tadinya saya mikir kayak kuncup bunga teratai. Ternyata tulip ya. Hehehehe..

    Like

  2. Mbak di dalam temple maksudnya gak boleh motret?. Yang saya belum paham cara pengucapannya bahai seperti bahay (I nya dibaca ringan), atau Baha’ I (bahak- i) hehehe bertanya-tanya sendiri.

    Like

    1. Iya…tidak moleh motret.(makasih koreksian nya..tulisanku emang kurang lengkap)…ngomong aja ndak boleh..kudu sunyi sepi…pengucapan nya ..ndak tau hehehe..tp searching di internet..ada lho di Indonesia..jd makin penasaran ya..

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s