Somba Opu

image

Karena di besarkan di Makasar.Dan   Emak bersekolah SD dan SMP di Makasar. Sempat kerja 3 tahun di Takalar (Sekitar 1 jam dari Makasar.) sewaktu emak baru selesai kuliah …Sehingga Makasar merupakan kampung ke 2 emak sesudah Bandung.

Jalan Somba Opu ini merupakan jalan yang legendaris banget. Soalnya jaman emak SD dulu. Or tu belanja baju lebaran untuk emak dan adik adik di sini. Belon ada mall. Di Jalan Somba Opu berderet toko toko menjual oleh oleh Makasar. Seperti kacang disko. Ini kesukaan suami emak. Kacang telor tapi bumbu nya khas banget. Juga cemilan lain. Seperti kue kering baruasa dll. Oleh oleh makasar selain cemilan adalah minyak gosok. Seperti minyak tawon. Kalo mau yang ori harus beli di Makasar. Juga minyak beruang. Ini ampuh untuk gastritiis alias mag.
   

 Sambal kuning yang legendaris. Dulu…. Awal awal kerja. Dengan gaji pns yang cuman se upet. Sambal ini penolong. Menu akhir bulan indomie …;plus telor & ;plus sayur plus sambal ini. Wuiiiih segala sakit kepala ilang ☺☺☺

Jalan Sombaopu juga terkenal dengan toko toko emas dengan kualitas bagus. Emak ndak tau apakah saat ini orang masih investasi ke emas. Colek Dani. Saya ingat waktu awal awal kerja di Makasar. Bila ada kawinan. Emak emak datang dengan emas gede gede di leher tangan dan telinga. Kalo sekarang khan datang dengan tas branded harga ratusan juta ☺☺☺
Sutra sengkang adalah oleh oleh yang harus di bungkus kalo berkunjung ke Makasar. Sayang nya karena harga benang sutra yang mahal . Maka pilihan untuk sutra sengkang yang asli dati benang sutra tidak banyak. Rata rata toko kain tenun menjual yang bukan dari benang sutra karena harganya yang murah. Yang bukan dari benang sutra tapi ditenun. Entah dari benang apa :mrgreen::mrgreen: harganya 75 – 150 ribu permeter. Tetapi yang dari benang sutra harganya 300 ribu per meter. Jadi pastikan sutra jenis mana yang akan di beli. Foto paling atas adalah foto sutra asli.

1449911240122.jpg
Bahan kain Bukan dari benang sutra
Dekat dari jalan Somba opu ada toko legendaris juga yaitu toko Baji Pamai. Ingat jaman dahulu kala . Kalo menjelang lebaran emak dan sodara sodara emak bertugas untuk membeli bahan bahan membuat kue di toko ini. Dan sampai saat ini toko Baji Pamai tetap menjual bahan menuat kue. Malahan toko nya lebih gede. Sudah menjadi supermarket. Toko ini juga menjual cemilan khas makasar.

Dahulu emak sempat bersekolah di SD Mangkura. Dan dekat  SD Mangkura ada jalan yang saat ini nge hits dengan cemilan nya . Yaitu Jalan Lasinrang. Banyak resto atau toko menjual jalan kote.1449911233872.jpg1449911235387.jpg

Selain jalankote ;juga bakwan banyak dijual di sekitar jalan Lasinrang

Sebenarnya jalan kote adalah pastel khas Makasar. Isinya soun sayur dan telor rebus. Yang emak suka dari jajanan Makasar karena hampir tidak ada rasa manis untuk kue yang asin seperti jalankote ini. Dan sambal nya juga cair. Jadi dituang kedalam jalankote yang berkantong membuat isi jalan kote jadi terendam saos tapi kulitnya masih renyah. Juara banget deh rasanya.

Dan tentu saja desert yang paling terkenal di Makasar pisang ijo dan es palubutung. Es pisang ijo adalah pisang rebus dibungkus oleh adonan tepung pandan dan dibentuk pisang diatasnya diberi saos atau fla sejenis bubur sumsum kemudian di siram dengan sirop merah yang khas makasar dan dihidangkan dengan es serut yang banyak. Sedang kan es paluButung adalah pisang rebus dipotong kotak kotak ditaburi saos seperti psang ijo dan disiram sirop merah dan yentu saja es serut yang banyak . Dinikmati siang hari yang puaaaanas poll tentu sangat nikmat. Saking panas nya emak sampe ndak sempat foto jalan Somba Opu. Dan es pisang ijo sudah tak berbentuk karena di makan di hotel

Advertisements

18 thoughts on “Somba Opu

      1. oh gitu, hihihi. kirain ditetesin di air gitu 😛 by the way, aku dr kecil sering liat minyak tawon tp s.d skrg… amboii… tak tahan dgn aromanya yg khas 😀

        Like

      2. Minyak gosok emang ngalahin segala hal dalam aroma..ada joke dikantor ku..jaman muda..usia masih dibawah 40..kamar tidur beraroma parfum…or aroma terapi..kalo diatas 50..kamar tidur beraroma minyak gosok 😊😊😊😁😁

        Like

  1. Ada bakwan kesukaan sy.., hahaa itu saus di pake indomie ap lg mie goreng emang cocokk..jd inget jmn kost dulu..uang mepet mkn tiap hr indomi.sbnrnya g sehat 😦

    Like

  2. Mbak, persis banget dengan yang kualami. Aku beneran bernostalgia dengan cerita ini. Sombaopu selalu ngangenin. Aduuhh aku sekarang beneran pengen otak2 makassar. Bumbu petisnya ga ada duanya *sluruupphh

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s