Marugame vs Marukame Udon

  

Merugame atau merukame…? Aih..tidak tau lah yang mana yang benar. Karena daku khan tidak bisa bahasa Jepang. Cuman seneng ama makanan Jepang. Yuup postingan kali ini tentang resto Jepang kesayangan daku
Dan ternyata …ada Marukame udo pada saat ke Ho Chi Minh di Aeon Mall , akan diposting terpisah tentang Aeon Mall ini.
Bukannya saya ndak cinta makanan Indonesia Suwer deh… cinta mati ama sate ayam madura yang daging ayam nya kicik kicik. Juga doyan banget ama ayam goreng Sari Sono Sambal Hejo yang ayam nya juga kicik kicik. Dimakan ama sambel hejo dan cimplung nya. O..lupa ama cicilan kpr deh Tapi kadang suka kangen ama saat saat lagi ngerjain penelitian di Yokohama 10 tahun yang lalu. Kangen ama lunch di kantin kampus…udon di mangkok gede dengan tempura yang crunchy diatasnya. Sampai akhirnya nemu resto ini. Awalnya malah nemu di Medan di saat lagi punya kerjaan di Medan. Dan ternyata Marugame Udon ini ada di Bandung. Di Trans Studio Mall lantai 2.Dekat dengan pintu masuk ke trans studio. Jadi sebelum masuk atau sesudah cape maen boleh lah mampir ke resto ini

    
Penataan  restonya emang Jepang banget. Kursi kursi kayu dan mangkok ala Jepang. Resto ini semacam resto yang kudu di pesan dulu sebelum nyari tempat duduk. Jadi kalo lagi penuh kudu sabar mengantre mengular. Favorit emak adalah 

Kale udon
Ini cuman udon saja dengan kuah panas. Udon adalah mie yang besar besar. Di jepang wajib dimakan dengan di sruput sampe bunyi. Tapi kalo di Indonesia makan sambil nyruput, dianggap tidak sopan qiqiqi Kemudian karena emak tipe yang suka lapar mata. Maka selalu nyomot menu pelengkap. Favorit emak adalah 

  
tempura udang yang udang nya fresh banget dan digoreng dengan kematangan yang tepat. Sehingga udang masih juicy dan tidak keras

  
Chikuwa atau
Tempura sayur atau bahasa keren nya..bala bala kalo di Sunda. Ini bala bala nya gede banget. 

  
Egg tempura yang isi nya telor setengah matang yang pas …putih nya matang..kuning masih meleleh hm yummy

    
Resto ini cocok untuk yang irit. Karena minumnya ocha dingin yang bisa refil sampai kembung.  Dan disediakan cengek alias cabe yang diiris tipis tipis, daun bawang..dan ..kremesan..yang boleh diambil sak puasnya..
Bagaimana harganya? Masih masuk akal lah. 

  
Resto ini juga sudah mempunyai sertifikat halal

Apakah micin nya kerasa..ah..sayang sekali..after taste emang masih kerasa micin nya…kelemahan makanan berkuah yang di jual di Indonesia kayak nya emang deh..After all.  ini salah satu resto favorit emak. Selain bakmi Apin. Review menyusul dan bakmi GM. Yang ini ndak bakalan di review.
 
Nah….ini Marukame Udon di Aeon Mall Saigon

Jajanan ke kinian Bandung


Ternyata ada hubungan antara keberadaan mamang Gojek dengan kenaikan berat badan. Lho… Kok

Iya… Karena sejak ada Gojek . Jajanan kekinian yg antre nya bikin nafsu makan hilang, tapi nafsu mengomel meningkat. Maka sejak adanya mamang Gojek yg mau mengantre .urusan mengantre diambil alih mamang Gojek.. wkwkw…

Berikut jajanan kekinian yg berhasil dipesan lewat Gojek. Dan krn take away. Tidak mungkin bisa difoto cantik. Lha wong dateng nya dalam kondisi dibungkus styrofoam, jadi seluruh foto pada postingan ini dari instagram @baksobujangan @miemerapi dan @pieworld

Bakso Bujangan

Ig @baksobujangan

Ini lagi ngehits banget dan konon selalu ngantre berat

Yg best seller adalah bakso keju, bakso goreng dan nasi bakso saos telor asin. Daku pun mencoba ke3 menu ini. Sayang nasi bakso telor asin lagi kosong

Bakso goreng nya lumayan enak . Walopun daku masih lebih suka bakso goreng Bakso Enggal yg dipasteur


Bakso keju nya juara. Karena daku penggemar keju. Disarankan dimakan dalam kondisi panas. Supaya keju didalam bakso nya meleleh

Mie Merapi

Ig @miemerapi

Ini sejenis ramen . Katanya.?daku belon pernah makan ramen yg ori di Jepang, krn ramen di Jepang, selalu ndak halal. Jd ndak bisa bandingin .

Di klaim sebagai mie rempah

Daku pesan mie dengan kuah kare dan topping ceker

Menurut aku, ini mirip curry mie yg sering aku makan di Kuala Lumpur

Walopun rasanya light dan ndak medok kayak curry mie di KL




Ke 2 jajanan kekinian diatas. Kuah nya Sangat terasa micin nya. Hehehe

Pie world

Ig @pieworld

Nah. … Kalo yg ini sukses buat diet saya kacau balau

Enak pake banget

Sayang .. Mahal

1 kotak isi 6 yg kecil 75 ribu

Varian rasa macem macem



Saya udah nyoba yg chiken mushroom. Apple n custard. Banana n toffee

Ke 3 nya bikin saya merem melek

Saran nya di nikmatin selagi hangat. Saya panggang ulang tp bukan dengan microwave

Minggu depan mau nyoba apa ya … 💜❤️💜❤️

Cireng Cipaganti


Bandung, terkenal dengan kulinernya yang inovatif. Salah satunya adalah cireng. Yang ini merupakan jajanan kampung, udah ada sejak thn 90 an. Cireng singkatan dari aCI digoRENG. Awalnya cireng hanya berisi sambal kacang. Tapi karena urang Bandung penuh dengan inovasi, maka cireng jaman sekarang, isinya macem macem, ada keju, kornet, sosis dll…lagi nunggu kali ada yang akan buat cireng isi green tea

Cireng yang terkenal, dan konon merupakan awal mulanya jajanan ini, adalah Cireng Cipaganti. Karena terletak di jalan Cipaganti. Di depan kantor pos. Jualnya di gerobak. Tapi antreannya..ampuun deh. Apalagi kalo week end, bakalan di serbu ama mobil plat B. Mau beli ini emang perjuangan, karena jalan Cipaganti selalu macet, tidak ada tempat parkir, ngantre pula

Bagaimana rasanya? emang kalo di banding cireng yang dijual ditempat tempat lain, seperti yg sering dijual di mall mall di Bandung. Cireng Cipaganti masih juara. Karena rasnya cirengnya empuk, kenyel kenyel gitu..untuk yang rasa keju, kornet dan sosis. Untuk yang rasa bumbu kacang, lebih krispi, dengan rasa bumbu kacang yang manis dan tidak terlalu pedes. Disarankan untuk memakan cireng ini begitu diangkat dari penggorengan. Karena kalo udah dingin, jadi liat, dan lumayan susah ngunyahnya. Kalo makan cireng ini< ndak usah berpikir tentang kolesterol, karena makanan ini full minyak…

Buat yang mau goreng sendiri, disediakan mentahnya, Harganya 1200 perbiji yang udah matang

Disini juga dijual cilok. aCI di coLOK, iya …karena adonan kanji yang udah dibumbui, dalam bentuk bola bola, di godok, mirip bakso penampakannya, tapi dimakan tanpa kuah, tapi dicolok kemudian dicelup ke bumbu kacang. Saya ndak begitu favorit, jadi ndak bisa ngasi review.

  
Penampakan cimol yg baru di goreng

  
Cara makan cimol dan cilok, dicolok dengan lidi

Nah, si Cilok ini, ada yang digoreng, nama nya CiMOL..kalo yang ini ndak tau singkatan apa..dan karena digoreng, daku doyan lah, karena suka dikasi bumbu kering rasa keju, bubuk cabe, barbeque..dan…. green tea…pokoknya kreatif lah urang Bandung kalo soal jajanan

Waduuh maap..ini mau posting soal cireng..kok malah melebar ke cimol dan cilok..yo wes…lah

Saung angklung mang Ujo

Selama ini saya sukanya cerita tentang destinasi turis di mancanegara. Padahal di seputaran kota Bandung ada destinasi turis yg keren punya. Yaitu Saung Angklung Mang Ujo. Terletak di daerah Padasuka, Bandung. Setiap  sore jam 15 mereka mengadakan pertunjukkan

Ini ceritanya Setelah membayar tanda masuk 70 ribu untuk org Indonesia dan 270 rb untuk ekspatriat. Kita masuk ke ruang pertunjukkan. Sebelumnya kita dapat wellcome drink. Boleh milih aqua atau es lilin. Saya memilih es liin rasa ketan hitam. Ruang pertunjukkan berupa outdoor tapi ada atapnya. Penonton duduk melingkar. Saya melihat banyak wisatawan manca negara. Bangga bener deh

image

Menunggu pertunjukan dengan menikmati es lilin

  
Dapat gantungan angklung mini

Pertunjukkan diawali dengn MC yg menyapa penonton dengan berbagai bahasa. Yg disesuaikan dengan negri asal penonton, hanya mc tidak bisa menyapa teman saya yg dari Vietnam.  Kemudian dilanjutkan dengan pertunjukkan wayang golek. Sejujurnya ini kali pertama saya menonton live wayang golek . Krn seingat saya, nonton wayang golek, jaman stasion TV hanya ada TVRI.

Setelah wayang golek dilanjutkan dengan pertunjukan Arumba konon arti nya alunan musik bambu. Sekali lagi ingat jaman hanya ada TVRI . Yg punya acara khusus arumba seminggu sekali

Bermain angklung bersama adalah sesi yg paling menarik, masing masing penonton diberi angklung. Saya mendapat angklung bernomor 1 dan tertulis sumatra dan terdapat gambar kode tangan mengepal. Jd bila kondukter mengepal kan tangan saya pun harus membunyikan angklung saja . Hanya itu saja. Dan terbentuk lagu lagu merdu . Saya sangat menikmati sesi ini . Rasanya seluruh stress hilang, berganti dengan keceriaan.Penontong secara bersamaan membawakan 4 lagu. yang saya ingat salah satu lagunya adalah cucak rowo

Pertunjukkan angklung yg membawakan lagu lagu yg membuat saya terkenang dengan masa masa mahasiswa. Sempat membuat mata saya berkaca kaca,,, krn lagunya… the power of love dan bohemian rapsody nya queen

Diambil dari you tube. Bohemian Rapsodi yang dimainkan dengan angklung. Note: Menyaksikan langsung lebih keren lho

   Murid murid mang Ujo yg imut imut ini membawakan bermacam lagu daerah dengan angklung . Menggemaskan sekali    Tari topeng yang berasal dari cirebon

Tari tari an yg dibawakan oleh anak anak kecil. Keceriaan mereka menari jadi menular ke penonton Anak anak memainkan angklung mini. Dan penonton diajak bernyanyi bersama . Lagu nya ada melati…kenanga dan mengajak penonton untuk menyanyi lagu ini yg ternyata  ada versi bhs Belanda.
image

Setelah main angklung. Boleh membawa angklung asal bayar hehehe.. ada toko sovenir didepan gedung pertunjukkan

That  was a wonderful day…. Dan bersyukur kepada Allah Swt.. Sudah diberi kesempatan Menikmati senja yg indah ini .

Urang Bandung

Teman teman
Taqobalallahu minna wa minkum   SELAMAT IEDUL FITRI 1 Syawal 1436 H Mohon maaf lahir & bathin

Mau cerita lebaran ku. Kalo yg lain lebaran, artinya silaturahmi sambil makan ketupat dkk yg bersantan. Berpindah dari satu rumah ke rumah yg lain. Atau malah sebaliknya,sebagai tuan rumah yg didatangi, berjibaku di dapur dan ruang tamu . Maka lebaran ku justru sebaliknya. Tidak ada tamu dan tidak menamu juga. Krn keluarga besar ada di surabaya. Rencana mudik H+2

Jadi setelah sholat Ied, dilapangan kompleks. Kita meluncur, menikmati jalan2 kota Bandung yg sepi. Nikmat nya, seandainya tiap hari seperti ini, bahagianya hidup ku

Akhirnya, kita nyampe di alun alun kota. Dan hari ini, alun alun digunakan untuk sholat Ied. Sehingga boleh parkir disekitar alun alun. Harusnya parkir di basement
Aih…kesampaian juga untuk poto potoan di alun alun ini. Supaya resmi menjadi urang Bandung

image

Alun alun ini terletak didepan mesjid Agung. Rumputnya, bukan rumput beneran. Tapi karpet rumput. Jd untuk masuk ke wilayah rumput, harus buka sepatu. Salut banget ama Ridwan Kamil, yg berhasil, membuat destinasi poto poto keren di Bandung. Dan seperti didestinasi turis lain, disini juga ada tukang foto keliling. Sayangnya, niat luhur bapak wali, tidak didukung oleh kesadaran pengunjung akan kebersihan. Lihat deh foto2 nya, diatas rumput, terdapat sampah sampah, walopun tidak banyak, tapi khan mengganggu kecantikan poto nya. Padahal disekitar lapangan rumput, sudah disediakan tempat sampah.

image

Apa sih susahnya, mengantongi sebentar sampahnya, kemudian jalan sebentar ketempat sampah untuk membuangnya?
image

Di depan tulisan “Bandung” terdapat meja dan kursi. Beberapa keluarga, mengeluarkan menu lebaran dan menikmati santapan lebaran sambil memandang rumput dan mesjid Agung. Please, abis makan, sampahnya dikantongin ya..jangan ditinggal di meja kursi, atau di buang ke bawah meja. …

image

Kubah Mesjid Agung yg berwarna emas. Tampak pengunjung duduk sambil menikmati bekal. Itu pak gendut sedang memukul bedug. Dulu sih, pak gendutnya bisa nga geol..alias berjoget. Dan anak anak suka banget melihat pd saat ngabuburit atau menunggu beduk mesjid. Tapi pd saat saya ada disana, si pak gendut, udah cape. Dibawah Patung pak gendut ini, tangga menuju basement parkir dan toilet. Tapi sayangnya tidak dijaga kebersihan nya oleh pengunjung. Please ah..jangan punya pikiran..menjaga kebersihan..itu tugas penjaga kebersihan..tapi tugas kita bersama. Sudah dibuatkan tempat bagus oleh pak Wali, yuuuk kita jaga. Mosok kalah sama India, yg lebih crowded dari kita, tapi sangat bisa menjaga tempat tempat Wisatanya.