Marugame vs Marukame Udon

  

Merugame atau merukame…? Aih..tidak tau lah yang mana yang benar. Karena daku khan tidak bisa bahasa Jepang. Cuman seneng ama makanan Jepang. Yuup postingan kali ini tentang resto Jepang kesayangan daku
Dan ternyata …ada Marukame udo pada saat ke Ho Chi Minh di Aeon Mall , akan diposting terpisah tentang Aeon Mall ini.
Bukannya saya ndak cinta makanan Indonesia Suwer deh… cinta mati ama sate ayam madura yang daging ayam nya kicik kicik. Juga doyan banget ama ayam goreng Sari Sono Sambal Hejo yang ayam nya juga kicik kicik. Dimakan ama sambel hejo dan cimplung nya. O..lupa ama cicilan kpr deh Tapi kadang suka kangen ama saat saat lagi ngerjain penelitian di Yokohama 10 tahun yang lalu. Kangen ama lunch di kantin kampus…udon di mangkok gede dengan tempura yang crunchy diatasnya. Sampai akhirnya nemu resto ini. Awalnya malah nemu di Medan di saat lagi punya kerjaan di Medan. Dan ternyata Marugame Udon ini ada di Bandung. Di Trans Studio Mall lantai 2.Dekat dengan pintu masuk ke trans studio. Jadi sebelum masuk atau sesudah cape maen boleh lah mampir ke resto ini

    
Penataan  restonya emang Jepang banget. Kursi kursi kayu dan mangkok ala Jepang. Resto ini semacam resto yang kudu di pesan dulu sebelum nyari tempat duduk. Jadi kalo lagi penuh kudu sabar mengantre mengular. Favorit emak adalah 

Kale udon
Ini cuman udon saja dengan kuah panas. Udon adalah mie yang besar besar. Di jepang wajib dimakan dengan di sruput sampe bunyi. Tapi kalo di Indonesia makan sambil nyruput, dianggap tidak sopan qiqiqi Kemudian karena emak tipe yang suka lapar mata. Maka selalu nyomot menu pelengkap. Favorit emak adalah 

  
tempura udang yang udang nya fresh banget dan digoreng dengan kematangan yang tepat. Sehingga udang masih juicy dan tidak keras

  
Chikuwa atau
Tempura sayur atau bahasa keren nya..bala bala kalo di Sunda. Ini bala bala nya gede banget. 

  
Egg tempura yang isi nya telor setengah matang yang pas …putih nya matang..kuning masih meleleh hm yummy

    
Resto ini cocok untuk yang irit. Karena minumnya ocha dingin yang bisa refil sampai kembung.  Dan disediakan cengek alias cabe yang diiris tipis tipis, daun bawang..dan ..kremesan..yang boleh diambil sak puasnya..
Bagaimana harganya? Masih masuk akal lah. 

  
Resto ini juga sudah mempunyai sertifikat halal

Apakah micin nya kerasa..ah..sayang sekali..after taste emang masih kerasa micin nya…kelemahan makanan berkuah yang di jual di Indonesia kayak nya emang deh..After all.  ini salah satu resto favorit emak. Selain bakmi Apin. Review menyusul dan bakmi GM. Yang ini ndak bakalan di review.
 
Nah….ini Marukame Udon di Aeon Mall Saigon

Cireng Cipaganti


Bandung, terkenal dengan kulinernya yang inovatif. Salah satunya adalah cireng. Yang ini merupakan jajanan kampung, udah ada sejak thn 90 an. Cireng singkatan dari aCI digoRENG. Awalnya cireng hanya berisi sambal kacang. Tapi karena urang Bandung penuh dengan inovasi, maka cireng jaman sekarang, isinya macem macem, ada keju, kornet, sosis dll…lagi nunggu kali ada yang akan buat cireng isi green tea

Cireng yang terkenal, dan konon merupakan awal mulanya jajanan ini, adalah Cireng Cipaganti. Karena terletak di jalan Cipaganti. Di depan kantor pos. Jualnya di gerobak. Tapi antreannya..ampuun deh. Apalagi kalo week end, bakalan di serbu ama mobil plat B. Mau beli ini emang perjuangan, karena jalan Cipaganti selalu macet, tidak ada tempat parkir, ngantre pula

Bagaimana rasanya? emang kalo di banding cireng yang dijual ditempat tempat lain, seperti yg sering dijual di mall mall di Bandung. Cireng Cipaganti masih juara. Karena rasnya cirengnya empuk, kenyel kenyel gitu..untuk yang rasa keju, kornet dan sosis. Untuk yang rasa bumbu kacang, lebih krispi, dengan rasa bumbu kacang yang manis dan tidak terlalu pedes. Disarankan untuk memakan cireng ini begitu diangkat dari penggorengan. Karena kalo udah dingin, jadi liat, dan lumayan susah ngunyahnya. Kalo makan cireng ini< ndak usah berpikir tentang kolesterol, karena makanan ini full minyak…

Buat yang mau goreng sendiri, disediakan mentahnya, Harganya 1200 perbiji yang udah matang

Disini juga dijual cilok. aCI di coLOK, iya …karena adonan kanji yang udah dibumbui, dalam bentuk bola bola, di godok, mirip bakso penampakannya, tapi dimakan tanpa kuah, tapi dicolok kemudian dicelup ke bumbu kacang. Saya ndak begitu favorit, jadi ndak bisa ngasi review.

  
Penampakan cimol yg baru di goreng

  
Cara makan cimol dan cilok, dicolok dengan lidi

Nah, si Cilok ini, ada yang digoreng, nama nya CiMOL..kalo yang ini ndak tau singkatan apa..dan karena digoreng, daku doyan lah, karena suka dikasi bumbu kering rasa keju, bubuk cabe, barbeque..dan…. green tea…pokoknya kreatif lah urang Bandung kalo soal jajanan

Waduuh maap..ini mau posting soal cireng..kok malah melebar ke cimol dan cilok..yo wes…lah

Oleh oleh Mudik Lebaran

Masih mau cerita tentang Lebaran. Kali ini tentang crkilan favorit oleh oleh teman mudik. Ada 2 makanan yg hanya bisa saya dapatkan pada saat lebaran.
Dan menikmatinya tanpa guilty feeling. Krn…selalu ada pembenaran..khan Lebaran ..bolehlah sekali setahun menikmatinya
Makanan itu adalah

Getuk goreng
Sebenarnya bisa ditemukan tiap hari di daerah jawa tengah. Tapi untuk saya. Ini hanya muncul setahun sejalu disaat Lebaran. Krn saya mendapatkan. Dengan cara menitip. Teman yg mudik ke arah Jokja dan sekitarnya
Harganya 40 ribu perkg. Tp perjuangan untuk mendapatkannya. Yg membuat harganya berlipat. Teman yg dititipin . Akan cerita. Getuk goreng dibeli disaat arus mudik mencapai puncak. Alias terjebak macet dan parkir cantik didepan toko toko yg jual getuk goreng ini.
Konon getuk goreng ini terbuat dari singkong rebus yg dicampur gula jawa. Kemudian dibalur tepung dan digoreng. Tentu saja enak tidaknya getuk goreng tergantung dari singkong, gula jawa, juga minyak untuk menggoreng.
image

Yg ini singkong nya sudah melebur dengan gula merah. Tetep enak sih

image

image
Yang ini enak banget. Singkong nya tidak hancur. Masih terasa teksturnya

image

Rengginang favorit
Rengginang
Cemilan ini ada disetiap waktu. Tapi teman teman yg mudik disekitar Jawa Barat sering membawa oleh oleh ini.dan rengginang dari satpam kantor. Sampai saat ini belon ada tandingannya.  Dan ntah karena ini hidangan khas lebaran di Jawa Barat.jadi bahan baku rengginang dari yg premium.  Ntah karena ini home made . Dan digoreng menjelang hari lebaran. Rengginang di hari Lebaran mempunyai rasa yg jaaaauuuh lebih enak. Dan terasa sangat fresh
Nah itu ke 2 cemilan lebaran favorit saya. Yg hanya boleh di nikmatin disaat Lebaran.

Kue kering favorit

Dan, di H-2 menjelang Hari Kemenangan. Mohon maaf lahir dan bathin. Maklumin, sebagai emak emak yg baru nge bloging 4 bulanan. Pasti ada salah kata.  lebaran hampir tiba. Dan aroma kue sudah menyebar dari dapur tetangga ….aroma mudik dan cuti udah tercium di kantor. Dan daku masih harus masuk, jaga gawang ceritanya. Mari kita nge blog. Ditengah kesunyian kantor

Kalo kemaren udah posting, bolu gulung favorit persiapan lebaran. Kali ini tentang kue kering paporit. Lebaran belon sah, tanpa kue kering.

Dan seperti sudah saya sampaikan di posting bol gul. Saya tidak masak, kecuali spaghetti cabonara. Apalagi baking. Kita serahkan ke ahlinya saja. Yaitu JnC, toko kue Liem..(yg ini teuteup paporit), dan Tomodachi.
JnC ini merk kue kering yg kondang se Jawa Barat. Produk kue kering JnC macem macem..sila di google..list nya
Saya sendiri senang dengan kue kering yg tidak umum. Seperti kue kacang polong. Kue kering melinjo. Ok kita simak cerita tentang kue kering ini

image

image

Kue kacang Polong yg tidak bisa dipindah dari kemasannya

Biasanya saya selalu membeli yg Kacang Polong. Ini seperti kastengel, tapi ada aroma kacang polongnya. Cuman tahun ini, eikeh kesel bingit. Si kacang Polong yg bentuknya ulir, ndak bisa di pindah dari kemasannya. Hancur lebur. Tak tau kenapa. Terlalu lunak, biasanya sih bisa di pindah, karena rada crunchy. Cediiih ah…
Untungnya, rasa kue kacang polong ini masih. Tetep enak. Walopun bentuknya jadi amburadul, after dipindahin ke stoples. Ada ngga sih, tips n trick,cara mindahin kue yg rapuh supaya ndak hancur

image

sagu keju dari Toko Ny Liem

Sagu Keju dari toko ny Liem, ternyata emang juara. Kuenya terasa fresh. Sagunya lumer di mulut, dan keju nya masih terasa krenyes krenyes. Yg baru aja selesai diet mayo, jangan deket deket stoples ini. Oh..ya, kuenya juga kokoh, tidak sulit mindahin ke stoples lain

image

image

Coklat mede dari JnC
Coklat kacang mede nya JnC, rasanya biasa saja ya. Ini kacang mede yg di balut coklat. Mirip silverqueen lah..tp buat saya masih lebih ok silverqueen. Coklatnya tidak terlalu manis, tapi tidak pekat juga. Medenya tidak crunchy. Saya suka  yg kacang  mede nya masih crunchy.

My hubby, termasuk yg tidak doyan ngemil. Di dunianya hanya ada 2 jenis cemilan. Yaitu kacang goreng dan emping blinjo ori. Ya..yg ori..yg kecil kecil tanpa rasa tambahan …mis rasa udang or..modifikasi yg lain. Tapi di lebaran kali ini mau dipaksa untuk nyicip kue melinjo

Toko Rasa merupakan toko kue dan ice cream jadul. Interior tokonya dihiasi foto foto dan poster poster. Kursinya kursi rotan. Selain menyediakan kue kering. Juga ice cream jadul. Menu lain belon pernah nyoba. Salah satu favorit saya adalah kue melinjo. Kuenya renyah. Rasa melinjo kuat. Sedikit asin. Tidak se asin kastengel. Ini juara nya. Doyan banget

image

Kue melinjo Toko Kue Rasa
Jl. Tamblong No. 15, Braga, Sumurbandung, Jawa Barat

image

Kacang goreng made in Padang
Kacang bawang dan rempah rempah
Ini oleh oleh dari teman di padang, ueeenak lah. Kacang nya kecil kecil, cenderung keras, rasanya gurih. Terlihat condimentnya, seperti bawang putih goreng, dan irisan dedaunan, tak jelas Daun apa.

image

Nastar buatan Diamonds Cookies
Kalo yg ini ndak usah di ceritakan. Termasuk kue wajib lebaran. Walopun saya sendiri. Tidak ter paporit dengan kue ini. Mungkin krn selalu ada sejak jaman piyik sampe udah tuwir. Nothing special. Kue ini pemberian teman. Rasanya enak. Ada rasa keju. Nanas dan kayumanis yg tidak terlalu kuat. Kuenya kokoh. Tapi lumer lidah. Rekeomend untuk pecinta nastar.
Dikemasan nya tertulis. Kue buatan
Diamonds Cookies.
image

Kastengel Tabitha Bakery
Bagaimana dengan Kastengel? Sampai saat ini saya belon nemu Kastengel yg seenak buatan adik ipar saya. Kastengelnya lembut, tidak crunchy, tp tidak soft seperti kue2 belanda. Dengan rasa keju yang pas. Lidah saya, masih lidah lokal. Kalo kejunya terlalu medig, saya malah tidak suka. Berhubung adik saya, membuatnya juga mood mood an, tahun ini menolak membuat kue. Jd saya membuka stoples Kastengel buatan Tabitha Bakery. Jalan Sunda no 67 Bandung. Kastengelnya, ngeju banget, lembut, lumer di mulut. Cocok lah buat yg doyan aroma keju yg kuat
image

Nah, ini sebenarnya bukan kue wajib lebaran. Ntah mengapa, mahasiswa saya doyan banget memberi paket kukis ini, after bimbingan tesis. Untungnya saya favorit dengan almond cookies. Yg merupakan adonan pastry di taburi gula dan almond. Saya bisa ngabisin setengah stoples sendiri, kalo saya lagi senewen. 

  
Hampers berisi kastengel, lidah kucing , dan kukis kelapa

TOMODACHI Café,Jalan Dr. Rajiman No. 5 Bandung 40171. Telp. (022) 4264 888 Facs. (022) 4218195

Terakhir dapat kiriman hamper dari Tomodachi cake dan cafe. Ini salah satu resto favoritku. Aku suka banget steak nya. Jaman belon ada Hollicow dll. Karena steak nya mirip dengan Gandhi steak di surabaya. Tempat aku nongkrong jaman sma.

Dari Tomodachi. Aku doyan lidah kucing nya. Ada yg ori dan ada yg coklat. Rasanya ringan. Apalagi yg coklat. Bisa ndak kerasa makan setengah toples.
Bagaimana dengan teman teman…adakah signature kue lebaran or kue kering favorit?

Bolu gulung favorit

Postingan ini bukan, memamerkan keberhasilan membuat bol gul untuk persiapan lebaran nanti. Krn yg punya blog ini, tidak bisa masak apalagi baking, …tutup muka, ngumpet dibalik oven

Dan menjelang lebaran aroma kue udah tercium dari dapur tetangga. Saya jadi ingat kue kue favorit sejak kecil, yea… saya penggemar berat bol gul. Karena saya tidak bisa baking. Lets try bol gul yg ada di Bandung dan sekitarnya

Kita mulai menikmati bol gul pertama, yaitu, bol gul Amanda. Yes..Amanda yg terkenal dengan brownies kukus. Dan merupakan salah satu destinasi wajib kunjing kalo ke Bandung. Ternyata … ternyata juga memproduksi bol gul. Rasa Bol Gul nya lembut, masih kerasa sebagai cake jaman jadul, yg kaya rasa, tidak terlalu manis, saya memilih yg isian keju. Dan isian keju, yg tidak terlalu berlimpah, jadi tidak terlalu eneq. Lumayan lah..:mrgreen::mrgreen:
image
Toko kue Brownies Kukus Amanda
Jalan Lengkong Besar No. 101B (Jalan Cikawao), Bandung, Jawa Barat,

Berikutnya, bol gul Mayasari. Seperti temennya Amanda. Mayasari terkenal dengan pisang bolen nya. Kompetitor Kartika Sari dan Prima Rasa. Tapi juga menjual Bol Gul yang rasanya mengingatkan saya dengan bol gul jaman saya SD. Rasanya ringan, tidak terlalu eneg, selai bluberry nya juga light, over all..lumayan lah :mrgreen::mrgreen::mrgreen:
Bol gul Mayasari dapat diemukan di
Meeting Point Cafe atau MP Cafe Mayasari Bakery.
Jl. dr. Djunjunan No. 155 Pasteur Bandung
Pas…buat beli oleh oleh yg lain. Krn terletak ke arah pintu tol Pasteur

image

Berikutnya bol gul, Bread Talk. Ini saya kategorikan bol gul era jaman di gital, alias modern. Tampilannya emang cantik. Ada lapisan batik nya. Rasanya ringan, agak terlalu manis, dan tidak sekaya rasa bol gul jadul. Topping cream nya lumayan enak. Bol Gul ini cocol untuk property food photography, krn tampilannya yg cantik:mrgreen:
image
image
image
Bol gul bread talk dengan lukisan batik yg membungkus bol gul nya
Tidak disertakan alamatnya. Sila di cari di mall mall yg ada counter Bread Talk

image
Bol gul toko setiabudi bandung

Berikutnya bol gul dari Toko Setiabudi. Buat yg bukan penduduk Bandung, saya infokan ya. Toko Setiabudi adalah supermarket yg sudah ada dari jaman dahulu kala. Terkenal, krn menjual grocery untuk expatriat. Toko ini termasuk toko wajib kunjung kalo ke Bandung. Menjual Segala bumbu, kue, kopi import ada ditoko ini. Lebih lengkap di banding Papaya supermarket. Toko ini jual menjual, home made selai, roti, dan kue2. Dan krn ditujukan untuk ekspatriat. Taste nya, konon sesuai aslinya. Misalnya kue kue Belanda, rasanya sesuai resep asli, tidak di modif ke taste lidah Indonesia. Termasuk bol gul. Tekstusnya lembut, tetapu tidak seringan spoge cake. saya milih yg coklat, rasa coklatnya light. Yg juara justru olesan selai blueberry…
Toko atau Supermarket Setiabudi
JL. Dr. Setiabudi No.42-46, Cidadap, Bandung, Jawa Barat 40143

image
Bol gul Toko Ny Liem

Berikutnya, adalah bol gul dari Toko Ny Liem. Sebelum kondang menjadi salah 1 toko kue wajib kunjung kalo ke Bandung, Maka Ny Liem, adalah tempat untuk kursus kue. Dan juga menjual aneka bahan kue, perawatan kue, pokoknya all about cooking n baking. Dan ini juga termasuk salah satu destinasi wajib kunjung kalo ke Bandung
Di toko ini, dijual bermacam macam kue kering, kue basah, vake dll. Khas nya, menurut saya, adalah bentuk kue yg unik. Ini contohnya. Bolgul nya cantik, collor full. Rasanya, juga khas kue jadul. Lebih creamy, dan tidak tercium aroma bahan pewangi kue seperti produk bakery Masa kini.
Toko kue Ny Liem
Jalan Naripan No.52, Bandung, Jawa Barat

image

Jadi walopun masih suka kangen ama bol gul Meranti Medan. Bol gul produk Bandung ternyata layak di coba

image

image

Adakah rekomendasi bol gul di kota anda?

Sampai saat ini Bol gul ter…favorit..masih dipegang bol gul meranti medan. Jadi boleh lah menumpang eksis. Sambil menanti bedug magrib. Yuuuk :mrgreen::mrgreen::mrgreen:

Martabak piring Medan

Masih dalam edisi, Jalan Jalan ke Medan

Ini semua, karena racun Instagram. Ada yg posting tentang “martabak piring” yang ueenak..dan ngantre nya ngalahin antrean di dr kulit.
Maka dimalam yg dingin dan hujan rintik rintik..e..salah deh..meluncurlah saya dan pak supir ke “martabak piring” Jadi saya ndak tau alamat pastinya.Ndak pake lama, sampai lah saya ketempat yg jualan. Ternyata ini merupakan night market..jajaran penjual makanan berderet..disebelah martabak piring, ada yg jual kue putu, dll.

image

image

image

Ternyata, dinamakan martabak piring, krn martabak di masak di piring enamel. Ada 2 jenis. Tipis atau biasa. Isinya, sama dengan isian martabak manis lain, seperti keju, coklat, kacang. Saya memesan yg tip ker, isi coklat keju. Harganya 6ribuan. Dan setelah jadi, ternyata martabak piring ini mirip crepes..Rasanya..ya..so so lah..not special. Yg juara malah putu yg saya beli disebelah martab piring ini. Putunya gede, rasa tepung berasnya fresh, gula merahnya juga pas..ndak kebanyakan dan kesedikitan..juara deh..

Ini alamat yg saya dapat dari google, kalo salah , saya jangan diomelin…
Martabak piring Murni
Jalan Bogor simpang Jalan Selat Panjang
Tel: 0813 6109 1126